Atlet Jaguar Raih Medali Emas Kejurnas Orienteering di Malang

MALANG – Kabar gembira datang dari Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Orienteering Panglima TNI IV 2018. Atlet Jaguar Orienteering Club, Suwardi atau lebih akrab disapa Jacky berhasil membawa pulang medali emas pada kategori Middle Distance Orienteering. Jacky mencatatkan waktu tercepat di kelas P35 dengan waktu 100 menit 10 detik. Tak hanya itu, atlet perwakilan dari FONI Jateng itu juga berhasil menyabet medali perak kategori Sprint Distance Orienteering di kelas P35. Ia finish di urutan kedua terpaut 3 menit 40 detik dari urutan pertama.

Kejurnas Orienteering digelar selama 2 hari, mulai Sabtu (8/12) hingga Minggu (9/12) di Universitas Brawijaya Forest dan di daerah Pusdik Arhanud. Acara diikuti 213 peserta yang berasal dari anggota TNI dan masyarakat umum. Tiga kategori dipertandingkan yaitu, Sprint Distance Orienteering, Middle Distance Orienteering, dan Mountain Bike Orienteering. Acara kejurnas ini diselenggarakan oleh Federasi Orienteering Nasional (FONI) yang bekerja sama dengan Asosiasi Orinteering Militer Indonesia (AOMI) dan melibatkan Pengprov FONI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Orienteering sendiri adalah kegiatan outdoor yang menggabungkan kemampuan navigasi, kecepatan, dan ketepatan. Untuk melakukan Orienteering, peserta membutuhkan peta dan kompas.

Kontingen FONI Jawa Tengah keluar sebagai pemenang pada Kejurnas Orienteering kali ini dengan perolehan 22 medali, yang terdiri dari 7 emas, 8 perak, dan 7 perunggu. Disusul kontingen TNI AD dan TNI AL di urutan kedua dengan 9 medali dan ketiga dengan 5 medali. (Jacky/Mas’ud)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *