Catatan Relawan: Jalan Berliku Menuju Palu

Belum selesai penanganan Lombok, bencana kembali mengguncang Nusantara. Kali ini Palu, Donggala, Mamuju dan beberapa wilayah lain di Sulawesi Tengah diluluhlantakkan oleh gempa 7,7 SR dan tsunami setinggi 4 meter. Ribuan nyawa menjadi korban sedang puluhan bahkan ratusan ribu mengungsi.

Setelah melakukan kordinasi internal, SAR Al-Huda memutuskan untuk memberangkatkan tim pertamanya pada Selasa sore (2/10) melalui bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Tim pertama beranggotakan dua orang. Meskipun pesawat sempat mengalami keterlambatan, namun perjalanan lancar. Pesawat mendarat di bandara Hasanuddin Makassar pada pukul 21.00.

Sesampainya bandara Hasanuddin Makassar, tim langsung mencari informasi transportasi menuju ke Palu. Transportasi yang paling mudah didapatkan adalah mobil. Namun, karena biaya sewa yang relatif mahal yaitu sekitar tiga juta rupiah maka tim mengurungkan niat untuk menyewa mobil. Tim mencoba untuk mencari alternatif lain. Setelah mencari-cari informasi, akhirnya diputuskan untuk transit terlebih dahulu menuju Poso sebelum ke Palu yang dapat dijangkau dengan bus ekonomi dengan harga yang relatif murah, yaitu Rp. 290.000 per orang. Tim juga mendapatkan kontak sesama potensi SAR yang ada di Poso. Hal ini akan memudahkan tim untuk melakukan pergerakan menuju Palu.

Bus ke Poso hanya tersedia setiap hari Rabu dan Jumat dengan waktu keberangkatan malam hari. Tim harus menunggu sampai jadwal keberangkatan bus. Perjalanan ke lokasi bencana masihlah panjang. Makasar – Palu, bila di tempuh jalur darat sama dengan jarak Merak – Tanjung Perak.

Rabu (3/10) pukul 20.00 akhirnya bus mulai bergerak menuju Poso. Untuk ke Poso dari Makasar dibutuhkan waktu 1 hari. Bayangan akan penatnya perjalanan sudah terbayang, namun tim harus terus bergerak. Amanah donatur berada di pundak dan harus ditunaikan.

Alhamdulillah, Kamis (4/10) tepat pukul 21.00 waktu setempat tim sampai di Poso. Tim menginap di salah satu posko peduli bencana Palu-Donggala di sana. Tim dijadwalkan akan bertolak menuju ke Palu hari Jumat (5/10) siang.

(bersambung …)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *