Hasta Manunggal Galang Dana Untuk Lombok di CFD Solo

Di Longmarch Merdeka, Perguruan Silat Hasta Manunggal Galang Dana Untuk Lombok

SOLO – Ahad (12/8) Perguruan Silat Hasta Manunggal (PSHM) kembali mengadakan longmarch tahun ini. Longmarch kali ini merupakan Longmarch Merdeka yang keempat kalinya dengan mengambil tema “Dengan Semangat Kemerdekaan, Kita Tingkatkan Daya Juang Bangsa”. Tercatat 600 peserta menghadiri acara ini.

Longmarch diawali dengan atraksi kolosal jurus perguruan yang diperagakan oleh para peserta. Dalam sambutannya, guru besar PSHM, Muhammad Abdullah, mengingatkan supaya silat dijadikan sebagai penjaga ketentraman lingkungan dan bukan malah sebaliknya. Sebagai pesilat, kita harus senantiasa hambeg utama perperilaku mulia dan andap asor rendah hati, imbuhnya.

Acara longmarch dihadiri pula oleh ketua IPSI Solo dan juga beberapa pimpinan perguruan pencak silat di Kota Solo. Kalono, selaku ketua IPSI Solo menyebutkan bahwa pesilat memiliki peran yang besar dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia, maka sudah pas jika saat ini para pemuda mempelajari pencak silat. Ia juga mengharap agar para pesilat tetap menjaga kondisi yang kondusif jelang tahun politik mendatang.

Peserta melakukan longmarch sejauh 20 km. Longmach mengambil start dari Lapangan Kartopuran, Surakarta dan berakhir di Griya Dakwah Al-Huda Polokarto. Selain longmacrh, dilakukan pula penggalangan dana untuk korban bencana gempa bumi Lombok di Car Free Day (CFD) Slamet Riyadi Solo. (Mas’ud/PSHM)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *