Ratusan Peserta Ikuti Acara Penanaman Pohon “Jaguar Go Green Ke-3”

KARANGANYAR – Ahad (3/2/2019) Komunitas Pegiat Alam Jaguar (Penjelajah Alam Gunung Belantara) Surakarta kembali mengadakan kegiatan tahunan penamaman pohon “Jaguar Go Green” untuk kali ketiga. Acara ini sebagai salah satu upaya untuk tetap melestarikan alam sebagai warisan untuk anak cucu kita di masa mendatang. Jaguar Go Green ke-3 mengambil tema “Menanam Kembali 2500 Bibit Pohon untuk Negeri” bertempat di Ngelo Hill Camp, Desa Nglurah, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Acara dihadiri oleh sekitar 450 peserta dari 30 komunitas pecinta alam, baik dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum dari dalam maupun luar Solo Raya, seperti: Koral Lampung, Sakawanabakti Karanganyar, Sispala SMA N 1 Karanganyar, Pala Bima Sakti Madiun, Brahmahardika UNS, Mepa-UNS, Metala UMS, Specta IAIN Surakarta, Mahacita IIM Surakarta, Pethakilan Sukoharjo, KPM Solo Raya, KPM Magetan, KPM Jabodetabek dan lain sebagainya.

Antusias yang begitu luar biasa ditunjukkan oleh para peserta Go Green ke-3 kali ini, hingga Pendopo Desa Nglurah Tawangmangu yang digunakan untuk acara pembukaan tidak mampu menampung semua peserta. Dari peserta yang duduk lesehan hingga kursi-kursi yang telah disediakan oleh panitia tidak lagi mencukupi. Suasana hidmat terasa ketika lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan oleh adik-adik pramuka Sakawanabakti dan seluruh peserta yang dipimpin oleh dirijen Tika Octaviani dari Metala UMS.

Ketua panitia, Giyanto diawal sambutannya menyampikan rasa syukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala atas karunianya, dan terharu kepada seluruh peserta yang dengan hidmat menyanyikan lagu Indonesia Raya. Teriring ucap dengan mata yang berkaca-kaca menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran Muspika Tawangmangu, Camat, Danramil, Kapolsek, Lurah, Asper Perhutani, dan Kepala Lingkungan Nglurah Tawangmangu beserta seluruh peserta yang menghadiri acara ini. Spesial thanks to BAAJ (Bocah Alam Anak Jaman), Pagsi (Pemuda Nglurah), Syariah Hotel Solo, MDS (Melangkah Dengan Sedekah), Waroeng Murah Solo atas dukungan penuh atas suksesnya acara Go Green ke-3 ini. Serta segenap pihak yang ikut mendukung terselenggaranya acara ini. Panitia juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan dari penyambutan hingga penyediaan tempat.

Senada yang disampaikan oleh ketua Panitia, Bapak Rusdiyanto selaku Camat Tawangmangu juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh elemen, jajaran yang mendukung acara ini. Semoga acara ini masih akan berlanjut hingga ke-4, ke-5, ke-6 dan seterusnya, sebagai sarana untuk mewariskan warisan berupa harta tak terhingga yaitu alam kepada anak cucu kita. Diiringi ucapan bismillah, acara Jaguar Go Green ke-3 dimulai. Dipimpin langsung oleh Bapak Camat Tawangmangu diringi Bapak Danramil, Kapolsek dan Asper Perhutani dan seluruh peserta menuju lokasi penamaman di bukit Ngelo Hill Camp. Seusai penanaman, peserta turun kembali ke Pendopo Desa Nglurah dan disambut dengan 450 lebih nasi bungkus siap makan yang ditelah disiapkan oleh MDS dan Waroeng Murah. Selain itu di pagi harinya juga telah disediakan sarapan bagi peserta yang datang bermalam disekitaran lokasi.

Disesi penutup diadakan pembagian ratusan hadiah yang telah disediakan panitia dari sponsor dan donatur. Adalah sebuah kaos kaki cantik dan unyu yang diberikan kepada beberapa peserta yang maju ke depan, untuk kemudian diberikan kepada wanita secara random sesuai keinginan mereka. Gelak tawa peserta dan ke-baper-an ikut mewarnai dan menjadi hiburan tersendiri dalam acara kali ini. “Acara penanaman yang paling seru dan heboh yang pernah saya ikuti,” tukas Winda salah satu peserta dari Metala UMS. Semakin solid Jaguar, terus berkarya untuk anak cucu bangsa. Salam Lestari. (Satria/Jaguar)

Sarasehan Bersama Komunitas Pecinta Alam

Suasana Pendopo Desa Nglurah yang Dipadati Peserta

Sambutan Asper Perhutani Karanganyar

Simbolisasi Penyerahan Bibit Tanaman kepada Camat Tawangmangu

Penanaman Oleh Peserta

Perjalanan Menuju Lokasi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *