Madrasah Diniyah Al-Huda Mewisuda Santri Angkatan Pertama

SURAKARTA – Sabtu malam (22/8) bertempat di Gedung Pusat Pemberdayaan Ekonomi Umat (PPEU) MUI Kota Surakatra, Madrasah Diniyah (Madin) Al-Huda mengadakan wisuda dan pelepasa santri angkatan pertama. Sebanyak lima santri dinyatakan lulus dan mengikuti wisuda kali ini. Mereka telah menyelesaikan pendidikan di Madin Al-Huda selama dua tahun.

Dalam sambutannya, Suwondo selaku Sekertaris Yayasan Al-Huda Surakarta mengharapkan lulusan Madrasah Dininiyah Al-Huda dapat menjadi dai minimal di kampung mereka sendiri. “Dai yang pertengahan, tidak ekstrem kanan maupun kiri.” imbuhnya.

Selain wisudawan, acara ini juga dihadiri oleh pengajar dan santri Madin Al-Huda angkatan kedua. Ustadz Adfan, selaku pengajar menasihatkan kepada peserta untuk senantiasa semangat dalam belajar. Ia pun menuturkan kisah seorang kakek usia tujuh puluhan tahun yang masih giat belajar di sekolah agama yang sempat tinggal kelas dua kali dan akhirnya harus dikeluarkan. “Seandainya saya di kelas hadir bukan sebagai santri tetapi hanya duduk sebagai pendengar, saya rela”. Tuturnya menirukan sang kakek.

Sementara itu, Firman selaku wisudawan terbaik menyampaikan pengalamannya. “Saya sebenarnya dulu sempat kurang bersemangat, tapi ada teman sekelas saya yang sudah tua usianya yang senantiasa menyemangatinya untuk tetap istiqomah belajar di madin ini”. Ia pun senang dengan para pengajar yang ramah dan sabar dalam mengajar. (Bay/Mas’ud)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *