Pengaruh Shodaqoh

Pengaruh Shodaqoh Terhadap Diri Seseorang

Pengaruh shadaqoh mencakup orang kaya maupun miskin, sehingga hati orang-orang kaya menjadi bersih dan suci. Allah taala berfirman:

Ambilah shadaqoh dari sebagian harta mereka,dengan shadaqoh itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka. (At-Taubah: 103)

Nash al-quran baik yang mencakup semua shadaqoh ini, baik yang wajib maupun yang sunnah,-sedang yang wajib tentu lebih dahulu harus dikeluarkan-mengisyartakan bahwa shadaqoh iyu dapat menimbulkan pengaruh yang sangat dahsyat, baik bagi hati maupun bagi harta. Bagi hati, shadaqoh tersebut bisa membersihkan hati kedua belah pihak.

Pertama, membersihkan hati orang kaya yang menginfakan hartanya dari sifat kikir, bakhil, kerasnya hati,tiada memiliki rasa kasih ssayang, menumbuhkan sifat mau berkorban, berjiwa dermawan, bersikap lemah lembut juga menumbuhkan rasa simpati kepada seluruh lapisan masyarakat.

Kedua, membersihkan hati orang yang menerima harta shodaqoh tersebut dari gejolak rasa dendam, rasa dengki, dan segala akibat buruk yang ditimbulkannya. Sedang bagi harta sendiri, maka shodaqoh tersebut dapat menyucikannya dengan cara mengembangkandan menjadikannya bertambah banyak. Dengan demikian, shadaqoh adalah suatu sarana yang mempunyai fungsi ganda, membersihkan hati sekaligus harta dari setiap hal yang menghinakan hati dan harta dari setiap kelebihan yang dimilikinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *