Perguruan Silat Hasta Manunggal Gelar Upacara Pengukuhan Ujian Kenaikan Tingkat IV

SUKOHARJO – Ahad (17/2/2019) Perguruan Silat Hasta Manunggal (PSHM) menggelar Upacara Pengukuhan Ujian Kenaikan Tingkat IV di Gedung Surya Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo. Acara diikuti oleh 217 siswa PSHM yang telah mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) pada tahun ini. Peserta tersebut terdiri dari 140 siswa sabuk merah, 47 siswa sabuk hijau, dan 30 siswa sabuk biru.

Bapak Muhammad Abdullah selaku Guru Besar PSHM dalam amanatnya menyampaikan bahwa silat tidak hanya melatih kekuatan fisik tetapi juga melatih akhlak mulia. Jangan mengedepankan kemarahan, tetapi tetap tegas dan berani dalam membela kebenaran. “Senioritas dalam PSHM ditujukan sebagai pembelajaran kehidupan bermasyarakat supaya kita menghormati orang yang lebih tua, seperti: orang tua dan guru.” Imbuh beliau.

Sementara itu Bapak Suwondo selaku perwakilan dari Yayasan Al-Huda yang menaungi PSHM berpesan untuk mengubah anggapa bahwa pencak silat itu sebagai ajang prestasi bukan ajang kemaki. Dan berharap kepada para senior untuk dapat mengajar dengan baik kepada siswa di tingkat bawahya.

Hadirpula dalam acara ini Bapak Marjono selaku perwakilan dari IPSI Kabupaten Sukoharjo. Beliau sampaikan apresiasi kepada PSHM dan berharap untuk dapat meningkatkan prestasi.

Acara dimeriahkan dengan atraksi jurus perguruan dan dilanjutkan dengan penyerahan sabuk kepada para siswa. Acara diakhiri dengan prosesi penghormatan dan doa. (Mas’ud/PSHM)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *