Ratusan Pesilat Ikuti Kirab Budaya Solo Silat Day

SOLO – Ahad (6/5) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Solo menggelar acara Kirab Budaya Pencak Silat Solo Silat Day bertempat di Lapangan Sriwedari Surakarta. Acara dihadiri oleh 850 pesilat dari 17 perguruan silat di Kota Solo, diantaranya: Hasta Manunggal, PSHT, Tapak Suci, IKS, Perisai Diri, Tapak Manunggal, dan perguruan lainnya.

Acara Solo Silat Day diselenggarakan sebagai ajang silaturahmi antar perguruan pencak silat yang berada dibawah naungan IPSI Kota Solo.
Dalam acara ini diperagakan jurus silat IPSI secara kolosal oleh seluruh peserta. Selain itu peserta juga melakukan longmarch dari Stadion Sriwedari sampai Balaikota Surakarta dengan memperagakan jurus silat dari masing-masing perguruan.

Turut hadir dalam acara ini perwakilan Walikota Surakarta, perwakilan Kapolresta Surakarta, Dandim Surakarta, dan perwakilan KONI Kota Surakarta. Dalam sambutannya, perwakilan Walikota Surakarta mengajak kepada para peserta untuk menciptakan suasana kondusif di Kota Solo, khususnya jelang Pilkada dan Pilpres.

Dhita, selaku Ketua Perguruan Silat Hasta Manunggal mengatakan bahwa, kegiatan Solo Silat Day ini merupakan sarana menumbuhkan kembali jiwa patriot. “Dari sini kita sadar bahwa para pesilatlah yang telah berjuang untuk memerdekakan bangsa Indonesia.”, imbuhnya. [Mas’ud]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *