SAR Al-Huda Buka Posko di Lombok Utara

LOMBOK UTARA – Rabu (8/8) tim SAR Al-Huda mendarat di bandara internasional Lombok Praya menjelang Zuhur. Ada insiden kecil di bandara Juanda Surabaya yang membuat tim terlambat datang.
Setelah mendarat, Tim kesulitan menentukan lokasi yang dituju. Banyaknya lokasi bencana membuat Tim sulit menentukan prioritas. Dengan dana dan waktu yg sangat terbatas, tim harus mendapatkan lokasi yang paling membutuhkan sehingga penyaluran bantuan efektif.

Setelah menggali informasi lebih dalam, tim memutuskan untuk mengambil lokasi di Desa Rempek, Kecamatan Gangga, Lombok Utara yang berjarak 60 km dari bandara Lombok. Tim mengambil lokasi tersebut karena diperkirakan masih bisa dijangkau dan lokasi tersebut masih sangat minim relawan dan bantuan logistik.

Kendala kedua muncul. Tim kesulitan mendapatkan transportasi. Tarif taksi non argo cukup mahal, yakni mencapai 600 ribu. Tim berpikir ulang dan mengambil alternatif lain. Alhamdulillah, banyak kemudahan dari Allah. Berbekal koneksi dari relawan SAR Al-Huda yang telah dijalin sebelumnya, tim berhasil mendapatkan beberapa tumpangan dari relawan lain, namun hanya sampai di daerah Pamenaum (dekat rumah Zohri, pemenang medali emas lari dunia) padahal waktu sudah Maghrib dan jarak ke lokasi masih 30 km lagi. Sudah tidak ada ojek dan carteran yang mau mengantar sampai lokasi, hal Ini dikarenakan kondisi jalan macet, listrik belum hidup dan rawan penjarahan dan perampokan logistik bantuan.

Alhamdulillah, kemudahan datang lagi. Tim mendapatkan tumpangan pickup warga Kayangan, yang perjalanannya melewati lokasi yang dituju. Namun lagi-lagi macet menghambat perjalanan tim. Hingga pada pukul 21.00 WITA tim diturunkan di jalan masuk Desa Rempek.

Setelah mandi dan sholat di masjid terdekat, tim diantar oleh warga setempat ke lokasi yang dituju. Sesampainya di lokasi, kami disambut oleh tuan rumah dan relawan lain sambil dijamu makanan lezat ala pengungsian. Penatnya badan memaksa tim untuk Istirahat.

Kamis (9/8) sejak bakda Subuh tim langsung bersosialisasi dengan warga dan tokoh masyarakat setempat dan atas dukungan mereka, Tim SAR Al-Huda mendirikan Posko Relawan di kantor poliklinik desa (POLINDES) Desa Rempek, Kecamatam Gangga. (Swd/SAR Al-Huda)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *