Relawan-SAR-Al-Huda-Bantu-Evakuasi-Korban-di-Palu

Tim SAR Gabungan Evakuasi Mayat Korban Gempa dan Tsunami Palu

(Laporan Bang Ogik – Relawan SAR Al-Huda di Palu, Sulawesi tengah)

PALU – Rabu (10/10/2018) SAR Al-Huda bergabung dengan potensi SAR lain guna melakukan evakuasi korban di Petobo, Palu. Petobo merupakan lokasi paling parah terdampak bencana alam gempa dan tsunami di Palu. Tidak kurang dari 60 personel gabungan potensi SAR dari berbagai komunitas baik dalam maupun luar kota Palu ikut bergabung. Salah satu potensi SAR lokal adalah SAR Sahlan, tim SAR gabungan dari berbagai potensi SAR di Poso dan Palu. Sementara itu dari luar daerah ada: SAR Al-Huda, Kokam, SAR Unhas Makasar, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, Gerak Bareng Jakarta, Relawan Aku Peduli, SAR FKAM, GTA Jakarta, SAR MTA, Turun Tangan Jakarta dan beberapa komunitas lain.

Setelah melakukan persiapan dan pengarahan dari Basarnas, gabungan relawan melakukan evakuasi dimulai pada pukul 8.30 WIT dengan didukung 7 alat berat. Tim dibagi menjadi dua kelompok agar cakupan wilayah evakuasi bisa maksimal. Relawan harus berjuang memaksimalkan waktu evakuasi yang tinggal besok karena mulai Jumat, 12 Oktober 2018 evakuasi resmi ditutup oleh Basarnas. Bekerja dibawah teriknya Kota Palu yang berada di garis katulistiwa merupakan tantangan tersendiri bagi para relawan. Sesekali terlihat pesawat herkules yang melintas dari dan menuju bandara Mutiara SIS Al-Jufrie Palu untuk mengangkut relawan maupun logistik.

Kondisi hari ini agak berbeda dengan sebelumnya, jika kemarin dan hari-hari sebelumnya banyak warga yang lalu lalang mencari barang-barang yang masih bisa diselamatkan serta mencari lokasi-lokasi mayat keluarga mereka yang mungkin masih bisa ditemukan, hari ini sedikit sekali warga yang berada di lokasi bencana.

Alhamdulillah, seluruh personel SAR Al-Huda yang bertugas di Palu, Sulawesi Tengah dalam kondisi prima. Semua tak lepas dari doa dan dukungan masyarakat. Yayasan Al-Huda mengucapkan terima kasih kepada segenap donatur yang telah mendukung kinerja SAR Al-Huda, semoga Allah melimpahkan keberkahan kepada seluruh keluarga dan hartanya. [swd]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *